Segmentation, Targeting, Positioning ( STP ) dan Analisa The Ritz-Carlton Hotel Jakarta


Istilah Strategi Pemasaran STP (Segmenation, Targeting dan Positioning) merupakan 3 rangkaian proses yang harus dilalui pada penetapan strategi bisnis. Hal ini berlaku untuk berbagai jenis produk baik barang maupun jasa, juga cara pemasarannya baik offline maupun online.
Definisi serta uraian STP sendiri terlalu “kompleks” jika dijabarkan selengkapnya. Sedangkan pada penerapannya “implementasi” dari strategi pemasaran ini sebenarnya cukup sederhana. Hal ini menyangkut perencanaan, tindakan dan pengaplikasian pemasaran dari produk yang akan anda pasarkan dengan terlebih dahulu menganalisis keadaan umum perusahaan baik internal maupun eksternal.
Setiap perusahaan baik usaha individu maupun organisasi memiliki keterbatasan. Sangat tidak memungkinkan mengambil keseluruhan target pasar. Jika target pasar ditentukan, melalui proses STP, maka dapat dikatakan efektif dalam hasil serta efisien dalam tindakan”


Strategi bisnis sangat erat kaitannya dengan pemasaran, karena bagaimanapun semua kegiatan perusahaan pastinya bermuara pada  pemasarannya. Pemasaran memerlukan 3 langkah utama, yaitu :
  •  Segmentasi pasar ( Segmentasi ), yaitu tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah.
  •  Penentuan pasar sasaran ( Targeting ), Yaitu suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki. 
  • Penempatan produk (Positioning ), yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasar.
Apa yang dimaksud dengan Pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) ?



SEGMENTASI


Menurut Solomon dan Elnora (2003, p221), segmentasi adalah proses membagi pasar yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil berdasarkan satu atau lebih karakteristik yang bermakna. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada beberapa variabel segmentasi:
  • Demografis. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
  • Psikografis. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain.
  • Perilaku. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non- pengguna produk.

TARGETING 

Menurut Solomon dan Elnora (2003, p232), target adalah kelompok yang dipilih oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai pelanggan sebagai hasil dari segmentasi dan penargetan. Perusahaan dapat memilih dari empat strategi peliputan pasar :

  • Undifferentiated targeting strategy, strategi ini menganggap suatu pasar sebagai satu pasar besar dengan kebutuhan yang serupa, sehingga hanya ada satu bauran pemasaran yang digunakan untuk melayani semua pasar. Perusahaan mengandalkan produksi, distribusi, dan periklanan massa guna menciptakan citra superior di mata sebagian besar konsumen 
  • Differentiated targeting strategy, perusahaan menghasilkan beberapa produk yang memiliki karakteritik yang berbeda. Konsumen membutuhkan variasi dan perubahan sehingga perusahaan berusaha untuk menawarkan berbagai macam produk yang bisa memenuhi variasi kebutuhan tersebut.
  •  Concentrated targeting strategy, perusahaan lebih memfokuskan menawarkan beberapa produk pada satu segmen yang dianggap paling potensial.
  •  Custom targeting strategy, lebih mengarah kepada pendekatan terhadap konsumen secara individual.

 POSITIONING


Untuk pengertian positioning menurut menurut Solomon, dan Elnora (2003, p235), adalah mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi bagaimana sebuah segmen pasar tertentu memandang sebuah barang atau jasa dibandingkan dengan kompetisi. Penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya. Ada beberapa positioning yang dapat dilakukan  : 

  • Positioning berdasarkan perbedaan produk. Pendekatan ini dapat dilakukan jika produk suatu perusahaan mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan dengan pesaing dan konsumen harus merasakan benar adanya perbedaan dan manfaatnya.
  • Positioning berdasarkan atribut produk atau keuntungan dari produk tersebut. Pendekatan ini berusaha mengidentifikasikan atribut apa yang dimiliki suatu produk dan manfaat yang dirasakan oleh kosumen atas produk tersebut.
  • Positioning berdasarkan pengguna produk. Pendekatan ini hampir sama dengan targeting dimana lebih menekankan pada siapa pengguna produk.
  • Positioning berdasarkan pemakaian produk. Pendekatan ini digunakan dengan membedakan pada saat apa produk tersebut dikonsumsi.
  • Positioning berdasarkan pesaing. Pendekatan ini digunakan dengan membandingkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh pesaing sehingga konsumen dapat memilih produk mana yang lebih baik.
  • Positioning berdasarkan kategori produk. Pendekatan ini digunakan untuk bersaing secara langsung dalam kategori produk, terutama ditujukan untuk pemecahan masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan.
  • Positioning berdasarkan asosiasi. Pendekatan ini mengasosiasikan produk yang dihasilkan dengan asosiasi yang dimiliki oleh produk lain. Harapannya adalah sebagian asosiasi tersebut dapat memberikan kesan positif terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Positioning berdasarkan masalah. Pendekatan ini digunakan untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan memiliki positioning untuk dapat memecahkan masalah.


Segmentasi, Targetting dan Positioning The Ritz-Carlton Hotel Jakarta

The Ritz-Carlton Hotel Jakarta, Mega Kuningan beroperasi pada tanggal 1 Mei 2005. Hotel mewah ini terletak di tengah pusat bisnis Mega Kuningan, serta dekat dengan kedutaan internasional, area perkantoran dan pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue dan Kota Kasablanka. Hotel hanya berjarak 32 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kurang dari 7 kilometer dari pusat kota Jakarta.

Hotel ini dirancang oleh Smallwood, Reynolds, Stewart & Associates. Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan mempunyai konsep yang anggun namun bernuansa hangat, dimana setiap kamar memberikan rasa ketenangan dan berkelas, serta gaya modern yang lembut dari ruangan dengan menggunakan fitur-fitur berwarna natural menambahkan kenyamanan dan ketentraman. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan memiliki gaya arsitektur modern, serta klasik yang memperkuat kesan elegan dan mewah sebuah hotel. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan memiliki 26 lantai dengan 333 kamar mewah dan tambahan dua Spa Terrace yang terletak di lantai 5.

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan termasuk salah satu hotel di Jakarta dengan ukuran kamar terluas dilengkapi dengan kamar mandi yang memiliki pemandangan kota Jakarta. Perlengkapan mewah, seperti linen berkualitas tinggi, toiletteries Asprey London, serta televisi LED 55-inci tersedia untuk memberikan kenyamanan maksimal pada setiap kesempatan. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dapat mengakomodasi baik pebisnis lokal atau internasional, serta wisatawan. Mengusung kebudayaan Indonesia dengan konsep ‘Spice of Life’, tamu dapat merasakan unsur budaya Indonesia di produk dan fasilitas hotel, serta ramah-tamah hangat dari setiap karyawannya yang dikemas secara elegan dan berkelas. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan menawarkan fasilitas mewah terbaik, layanan dengan penuh perhatian dan personalisasi, serta produk-produk yang berkualitas tinggi. Kenyamanan kamar hotel ini membuat beberapa orang petinggi negara-negara asing, tokoh internasional, petinggi perusahaan multinasional dan internasional menginap di Presidential Suite dan The Ritz-Carlton Suite. Pilihan ini jatuh ke Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan karena memiliki fasilitas mewah dan berkualitas tinggi, serta menawarkan pelayanan kelas yang juga merupakan pelayanan yang lebih personal kepada tamu agar para tamu dapat merasakan level kenyamanan terbaik. Karyawan hotel juga menjaga privasi dari setiap tamu yang menginap di hotel, serta bersedia mengakomodasi keinginan tamu.

Tersedia juga pelayanan in-room dining service selama 24 jam, pelayanan housekeeping dua kali sehari, ‘Meet and Greet service’ di bandara, pelayanan butler, fasilitas conference, concierge, multilingual staff, high-speed internet access, pelayanan poles sepatu dan binatu, pilihan surat kabar dan majalah Internasional, pelayanan limousine dengan supir untuk daerah Mega Kuningan dan pelayanan registrasi tamu di dalam kamar.

Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan menawarkan servis dengan perhatian khusus dari Ladies & Gentlemen hotel yang dapat mengantisipasi dan merespon detail setiap keperluan tamu dari keperluan bisnis dengan dedicated concierge service, pernikahan dengan wedding specialist dan lainnya. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan juga memiliki fasilitas The Ritz-Carlton Club, dimana para tamu yang menginap di kamar club dan suites, otomatis mempunyai akses menuju Club Lounge di lantai 26 dengan exclusive check-in counter, fasilitas pertemuan dan lounge, serta sajian prasmanan spesial yang disajikan sepanjang hari. Tamu dapat menggunakan empat meeting room privat, billiard room, business center dan juga penggunaan wireless internet secara gratis.

Selain itu, terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti dua restaurant, sebuah club, spa dan tempat rekreasi. Spa di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan memiliki luas 8.000 meter persegi yang terdiri dari 19 kamar perawatan, dua Couple Spa Villa, tempat relaksasi, sauna, ruang uap, whirpool, kolam renang, jogging track dan pusat kebugarandengan pelatihan yang lengkap dan peralatan yang modern. 


Untuk pengalaman kulinari, tamu dapat mengunjungi Asia Restaurant di lobby level yang merupakan salah satu buffet restaurant terbesar di Jakarta yang menawarkan berbagai macam hidangan internasional dengan konsep interactive live cooking oleh chef-chef handal. Lobo, restoran modern European fine dining mewah dimana sajian Eropa modern dan pilihan wine terbaik disajikan dalam suasana elegan, serta desain interior mewah dan klasik. Untuk bar dan lounge TEMPUS, lounge premium yang terdiri dari dua area: Avanti untuk lounge yang nyaman dilengkapi dengan lantai dansa dan penampilan live band dan JADE KTV, yang merupakan fasilitas karaoke eksklusif.


Untuk pertemuan, pameran, pernikahan dan acara khusus, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan juga menawarkan 19 ruang serba guna dan ballroom dengan luas mencapai 1.600 meter persegi. The Ritz-Carlton ballroom yang memiliki tinggi 8 meter ini, cocok untuk setiap acara dan dapat menampung hingga 2.500 tamu resepsi berdiri. Selain itu ada ruangan junior ballroom Grand Mutiara yang berukuran 906 meter persegi, Mutiara Ballroom yang berukuran 440 meter persegi dan Mutiara 88 yang berukuran 471 meter persegi dapat mengakomodasi hingga 700 tamu resepsi berdiri. Hotel ini juga pernah menjadi tempat terselenggaranya event besar, seperti event Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada tanggal 25 January – 7 February 2013.


Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan juga menawarkan member Spice Card yang memberikan benefit lebih kepada anggotanya untuk menikmati ragam restoran, perawatan spa, dan kamar untuk menginap yang dapat digunakan pada selama dua belas bulan. Para member akan diberikan lebih dari 70 sertifikat atau voucher untuk memperoleh keuntungan weekend stay, upgrade kamar, diskon restoran dan spa, pemberian hadiah kue ulang tahun, wine dan masih banyak lagi.

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan memiliki organisasi CSR global yaitu Community Footprints. Guna mendukung kegiatan sosial di sekitar lingkungannya The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan selalu berusaha mengunjungi yayasan panti asuhan setiap akhir bulan dengan merayakan ulang tahun anak-anak panti asuhan, serta memberikan donasi yang berbeda setiap bulannya seperti sepatu, alat tulis, pampers, kebutuhan pokok dan lainnya. Hotel ini juga mendukung acara besar seperti Earth Hour di setiap bulan Maret sebagai aksi peduli lingkungan dengan hemat listrik selama 1 jam dalam sehari. Untuk acara akhir tahun hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan ikut mendukung ‘International Volunteer Day’ dimana para karyawan atau Ladies and Gentlemen hotel secara sukarela membantu isu-isu yang terjadi di komunitas lokal.

Segmentation : The Ritz-Carlton Jakarta, mampu memahami konsumennya yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hotel ini juga terletak di tengah pusat bisnis Mega Kuningan, serta dekat dengan kedutaan internasional, area perkantoran dan pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue dan Kota Kasablanka. Hotel hanya berjarak 32 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kurang dari 7 kilometer dari pusat kota Jakarta.
Targetting : The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dapat mengakomodasi baik pebisnis lokal atau internasional, serta wisatawan. Mengusung kebudayaan Indonesia dengan konsep ‘Spice of Life’, tamu dapat merasakan unsur budaya Indonesia di produk dan fasilitas hotel, serta ramah-tamah hangat dari setiap karyawannya yang dikemas secara elegan dan berkelas.
Positioning: The Ritz-Carlton Jakarta, memiliki cita cita yang tinggi dimana  kepuasan dan kenyamanan tamu  adalah prestasi tertinggi hotel. Layanan dan fasilitas terbaik yang diberikan oleh hotel untuk para tamu agar tamu selalu merasakan suasana yang hangat, santai dan modern . Di seluruh The Ritz-Carlton Hotel Company memiliki motto yaitu "We are Ladies and Gentlemen serving Ladies and Gentlemen." Moto ini mencontohkan layanan antisipatif yang disediakan oleh semua staff hotel.

Penghargaan & Pengakuan The Ritz-Carlton Hotel Jakarta
·         2017 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia – Jakarta
·         2015 | ITTA Awards Hotel Terbaik Tahun Ini – Jakarta
·         2014 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia – Jakarta
·         2010 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia – Jakarta
·         2010 | ITTA Awards Hotel Indonesia Tahun Ini
·         2008 - 2010 | Top 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - King of Kitchen disajikan kepada Executive Chef Rudolph Blattler
·         2008 - 2010 | 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Service Excellent 
·         2008 - 2010 | 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Hotel Tahun 2008
·         2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Signature Hotel Spa
·         2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Keamanan Hotel Luar Biasa
·         2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Signature Luxury Hotel
·         2008 - 2010 | HAPA Indonesia - Hotel Mewah Tahun Ini di Indonesia


DAFTAR PUSTAKA

Komentar

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus

Posting Komentar