Istilah
Strategi Pemasaran STP
(Segmenation, Targeting dan Positioning) merupakan 3 rangkaian proses yang
harus dilalui pada penetapan strategi bisnis. Hal ini berlaku untuk berbagai
jenis produk baik barang maupun jasa, juga cara pemasarannya baik offline
maupun online.
Definisi
serta uraian STP sendiri terlalu “kompleks” jika dijabarkan
selengkapnya. Sedangkan pada penerapannya “implementasi” dari strategi
pemasaran ini sebenarnya cukup sederhana. Hal ini menyangkut perencanaan,
tindakan dan pengaplikasian pemasaran dari produk yang akan anda pasarkan
dengan terlebih dahulu menganalisis keadaan umum perusahaan baik internal
maupun eksternal.
“Setiap perusahaan baik usaha
individu maupun organisasi memiliki keterbatasan. Sangat tidak memungkinkan
mengambil keseluruhan target pasar. Jika target pasar ditentukan, melalui
proses STP, maka dapat dikatakan efektif dalam hasil serta efisien dalam
tindakan”
Strategi bisnis sangat erat kaitannya dengan
pemasaran, karena bagaimanapun semua kegiatan perusahaan pastinya bermuara pada
pemasarannya. Pemasaran memerlukan 3 langkah utama, yaitu :
- Segmentasi pasar ( Segmentasi ), yaitu tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah.
- Penentuan pasar sasaran ( Targeting ), Yaitu suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.
- Penempatan produk (Positioning ), yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasar.
Apa
yang dimaksud dengan Pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) ?
SEGMENTASI
Menurut Solomon dan Elnora (2003,
p221), segmentasi adalah proses membagi pasar yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang lebih
kecil berdasarkan satu atau lebih karakteristik yang bermakna. Dengan
melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah
dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif
dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada
beberapa variabel segmentasi:
- Demografis. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
- Psikografis. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain.
- Perilaku. Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non- pengguna produk.
TARGETING
Menurut Solomon dan
Elnora (2003, p232), target adalah kelompok yang dipilih oleh perusahaan untuk
dijadikan sebagai pelanggan sebagai hasil dari segmentasi dan penargetan. Perusahaan
dapat memilih dari empat strategi peliputan pasar :
- Undifferentiated targeting strategy, strategi ini menganggap suatu pasar sebagai satu pasar besar dengan kebutuhan yang serupa, sehingga hanya ada satu bauran pemasaran yang digunakan untuk melayani semua pasar. Perusahaan mengandalkan produksi, distribusi, dan periklanan massa guna menciptakan citra superior di mata sebagian besar konsumen
- Differentiated targeting strategy, perusahaan menghasilkan beberapa produk yang memiliki karakteritik yang berbeda. Konsumen membutuhkan variasi dan perubahan sehingga perusahaan berusaha untuk menawarkan berbagai macam produk yang bisa memenuhi variasi kebutuhan tersebut.
- Concentrated targeting strategy, perusahaan lebih memfokuskan menawarkan beberapa produk pada satu segmen yang dianggap paling potensial.
- Custom targeting strategy, lebih mengarah kepada pendekatan terhadap konsumen secara individual.
POSITIONING
Untuk pengertian positioning menurut menurut Solomon, dan Elnora (2003,
p235), adalah mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk
mempengaruhi bagaimana sebuah segmen pasar tertentu memandang sebuah barang atau
jasa dibandingkan dengan kompetisi. Penentuan posisi pasar menunjukkan
bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya. Ada beberapa
positioning yang dapat dilakukan :
- Positioning berdasarkan perbedaan produk. Pendekatan ini dapat dilakukan jika produk suatu perusahaan mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan dengan pesaing dan konsumen harus merasakan benar adanya perbedaan dan manfaatnya.
- Positioning berdasarkan atribut produk atau keuntungan dari produk tersebut. Pendekatan ini berusaha mengidentifikasikan atribut apa yang dimiliki suatu produk dan manfaat yang dirasakan oleh kosumen atas produk tersebut.
- Positioning berdasarkan pengguna produk. Pendekatan ini hampir sama dengan targeting dimana lebih menekankan pada siapa pengguna produk.
- Positioning berdasarkan pemakaian produk. Pendekatan ini digunakan dengan membedakan pada saat apa produk tersebut dikonsumsi.
- Positioning berdasarkan pesaing. Pendekatan ini digunakan dengan membandingkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh pesaing sehingga konsumen dapat memilih produk mana yang lebih baik.
- Positioning berdasarkan kategori produk. Pendekatan ini digunakan untuk bersaing secara langsung dalam kategori produk, terutama ditujukan untuk pemecahan masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan.
- Positioning berdasarkan asosiasi. Pendekatan ini mengasosiasikan produk yang dihasilkan dengan asosiasi yang dimiliki oleh produk lain. Harapannya adalah sebagian asosiasi tersebut dapat memberikan kesan positif terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
- Positioning berdasarkan masalah. Pendekatan ini digunakan untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan memiliki positioning untuk dapat memecahkan masalah.
Untuk pengertian positioning menurut menurut Solomon, dan Elnora (2003,
p235), adalah mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk
mempengaruhi bagaimana sebuah segmen pasar tertentu memandang sebuah barang atau
jasa dibandingkan dengan kompetisi. Penentuan posisi pasar menunjukkan
bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya. Ada beberapa
positioning yang dapat dilakukan :
- Positioning berdasarkan perbedaan produk. Pendekatan ini dapat dilakukan jika produk suatu perusahaan mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan dengan pesaing dan konsumen harus merasakan benar adanya perbedaan dan manfaatnya.
- Positioning berdasarkan atribut produk atau keuntungan dari produk tersebut. Pendekatan ini berusaha mengidentifikasikan atribut apa yang dimiliki suatu produk dan manfaat yang dirasakan oleh kosumen atas produk tersebut.
- Positioning berdasarkan pengguna produk. Pendekatan ini hampir sama dengan targeting dimana lebih menekankan pada siapa pengguna produk.
- Positioning berdasarkan pemakaian produk. Pendekatan ini digunakan dengan membedakan pada saat apa produk tersebut dikonsumsi.
- Positioning berdasarkan pesaing. Pendekatan ini digunakan dengan membandingkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh pesaing sehingga konsumen dapat memilih produk mana yang lebih baik.
- Positioning berdasarkan kategori produk. Pendekatan ini digunakan untuk bersaing secara langsung dalam kategori produk, terutama ditujukan untuk pemecahan masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan.
- Positioning berdasarkan asosiasi. Pendekatan ini mengasosiasikan produk yang dihasilkan dengan asosiasi yang dimiliki oleh produk lain. Harapannya adalah sebagian asosiasi tersebut dapat memberikan kesan positif terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
- Positioning berdasarkan masalah. Pendekatan ini digunakan untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan memiliki positioning untuk dapat memecahkan masalah.
Segmentasi, Targetting dan Positioning The Ritz-Carlton Hotel Jakarta
The
Ritz-Carlton Hotel Jakarta, Mega Kuningan beroperasi pada tanggal 1 Mei 2005.
Hotel mewah ini terletak di tengah pusat bisnis Mega Kuningan, serta dekat
dengan kedutaan internasional, area
perkantoran dan pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue dan Kota Kasablanka.
Hotel hanya berjarak 32 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan
kurang dari 7 kilometer dari pusat kota Jakarta.
Hotel ini
dirancang oleh Smallwood, Reynolds, Stewart & Associates. Hotel The
Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan mempunyai konsep yang anggun namun
bernuansa hangat, dimana setiap kamar memberikan rasa ketenangan dan berkelas,
serta gaya modern yang lembut dari ruangan dengan menggunakan fitur-fitur
berwarna natural menambahkan kenyamanan dan ketentraman. The Ritz-Carlton
Jakarta, Mega Kuningan memiliki gaya arsitektur modern, serta klasik yang
memperkuat kesan elegan dan mewah sebuah hotel. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega
Kuningan memiliki 26 lantai dengan 333 kamar mewah dan tambahan dua Spa Terrace
yang terletak di lantai 5.
The
Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan termasuk salah satu hotel di Jakarta dengan
ukuran kamar terluas dilengkapi dengan kamar mandi yang memiliki pemandangan
kota Jakarta. Perlengkapan mewah, seperti linen berkualitas tinggi, toiletteries Asprey London, serta
televisi LED 55-inci tersedia untuk memberikan kenyamanan maksimal pada setiap
kesempatan. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dapat mengakomodasi baik
pebisnis lokal atau internasional, serta wisatawan. Mengusung kebudayaan
Indonesia dengan konsep ‘Spice of Life’, tamu dapat merasakan unsur budaya
Indonesia di produk dan fasilitas hotel, serta ramah-tamah hangat dari setiap
karyawannya yang dikemas secara elegan dan berkelas. The Ritz-Carlton Jakarta,
Mega Kuningan menawarkan fasilitas mewah terbaik, layanan dengan penuh
perhatian dan personalisasi, serta produk-produk yang berkualitas tinggi.
Kenyamanan kamar hotel ini membuat beberapa orang petinggi negara-negara asing,
tokoh internasional, petinggi perusahaan multinasional dan internasional
menginap di Presidential Suite dan The Ritz-Carlton Suite. Pilihan ini jatuh ke
Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan karena memiliki fasilitas mewah
dan berkualitas tinggi, serta menawarkan pelayanan kelas yang juga merupakan
pelayanan yang lebih personal kepada tamu agar para tamu dapat merasakan level
kenyamanan terbaik. Karyawan hotel juga menjaga privasi dari setiap tamu yang
menginap di hotel, serta bersedia mengakomodasi keinginan tamu.
Tersedia juga
pelayanan in-room dining service
selama 24 jam, pelayanan housekeeping
dua kali sehari, ‘Meet and Greet
service’ di bandara, pelayanan butler,
fasilitas conference, concierge,
multilingual staff, high-speed internet access, pelayanan poles sepatu
dan binatu, pilihan surat kabar dan majalah Internasional, pelayanan limousine
dengan supir untuk daerah Mega Kuningan dan pelayanan registrasi tamu di dalam
kamar.
Hotel The
Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan menawarkan servis dengan perhatian khusus
dari Ladies & Gentlemen
hotel yang dapat mengantisipasi dan merespon detail setiap keperluan tamu dari
keperluan bisnis dengan dedicated
concierge service, pernikahan dengan wedding specialist dan lainnya. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega
Kuningan juga memiliki fasilitas The Ritz-Carlton Club, dimana para tamu yang
menginap di kamar club dan suites, otomatis mempunyai akses
menuju Club Lounge di lantai 26 dengan exclusive
check-in counter, fasilitas pertemuan dan lounge, serta sajian prasmanan spesial yang disajikan sepanjang
hari. Tamu dapat menggunakan empat meeting
room privat, billiard room,
business center dan juga
penggunaan wireless internet secara
gratis.
Selain itu,
terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti dua restaurant, sebuah club,
spa dan tempat rekreasi. Spa di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan
memiliki luas 8.000 meter persegi yang terdiri dari 19 kamar perawatan, dua
Couple Spa Villa, tempat relaksasi, sauna, ruang uap, whirpool, kolam renang, jogging
track dan pusat kebugarandengan pelatihan yang lengkap dan peralatan
yang modern.
Untuk
pengalaman kulinari, tamu dapat mengunjungi Asia Restaurant di lobby level yang merupakan salah satu
buffet restaurant terbesar di Jakarta yang menawarkan berbagai macam
hidangan internasional dengan konsep interactive
live cooking oleh chef-chef
handal. Lobo, restoran modern European fine dining mewah dimana sajian Eropa
modern dan pilihan wine terbaik disajikan dalam suasana elegan, serta desain
interior mewah dan klasik. Untuk bar dan lounge
TEMPUS, lounge premium yang
terdiri dari dua area: Avanti untuk lounge
yang nyaman dilengkapi dengan lantai dansa dan penampilan live band dan JADE KTV, yang
merupakan fasilitas karaoke eksklusif.
Untuk
pertemuan, pameran, pernikahan dan acara khusus, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega
Kuningan juga menawarkan 19 ruang serba guna dan ballroom dengan luas mencapai 1.600 meter persegi. The
Ritz-Carlton ballroom yang memiliki tinggi 8 meter ini, cocok untuk setiap
acara dan dapat menampung hingga 2.500 tamu resepsi berdiri. Selain itu ada
ruangan junior ballroom Grand Mutiara yang berukuran 906 meter persegi, Mutiara
Ballroom yang berukuran 440 meter persegi dan Mutiara 88 yang berukuran 471
meter persegi dapat mengakomodasi hingga 700 tamu resepsi berdiri. Hotel ini
juga pernah menjadi tempat terselenggaranya event besar, seperti event
Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada tanggal 25 January – 7 February
2013.
Hotel The
Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan juga menawarkan member Spice Card yang memberikan benefit lebih kepada anggotanya untuk menikmati ragam restoran,
perawatan spa, dan kamar untuk menginap yang dapat digunakan pada selama dua
belas bulan. Para member akan
diberikan lebih dari 70 sertifikat atau voucher
untuk memperoleh keuntungan weekend
stay, upgrade kamar,
diskon restoran dan spa, pemberian hadiah kue ulang tahun, wine dan masih
banyak lagi.
The Ritz-Carlton
Jakarta, Mega Kuningan memiliki organisasi CSR global yaitu Community Footprints. Guna mendukung
kegiatan sosial di sekitar lingkungannya The Ritz-Carlton Jakarta, Mega
Kuningan selalu berusaha mengunjungi yayasan panti asuhan setiap akhir bulan dengan
merayakan ulang tahun anak-anak panti asuhan, serta memberikan donasi yang
berbeda setiap bulannya seperti sepatu, alat tulis, pampers, kebutuhan pokok
dan lainnya. Hotel ini juga mendukung acara besar seperti Earth Hour di setiap bulan Maret
sebagai aksi peduli lingkungan dengan hemat listrik selama 1 jam dalam sehari.
Untuk acara akhir tahun hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan ikut
mendukung ‘International Volunteer Day’ dimana para karyawan atau Ladies and Gentlemen hotel secara
sukarela membantu isu-isu yang terjadi di komunitas lokal.
Segmentation : The Ritz-Carlton Jakarta, mampu memahami konsumennya
yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perilaku
yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hotel ini juga terletak di tengah pusat bisnis Mega Kuningan, serta
dekat dengan kedutaan internasional, area perkantoran dan pusat perbelanjaan
Lotte Shopping Avenue dan Kota Kasablanka. Hotel hanya berjarak 32 kilometer
dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kurang dari 7 kilometer dari
pusat kota Jakarta.
Targetting : The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dapat mengakomodasi baik
pebisnis lokal atau internasional, serta wisatawan. Mengusung kebudayaan
Indonesia dengan konsep ‘Spice of Life’, tamu dapat merasakan unsur budaya
Indonesia di produk dan fasilitas hotel, serta ramah-tamah hangat dari setiap
karyawannya yang dikemas secara elegan dan berkelas.
Positioning: The Ritz-Carlton Jakarta, memiliki cita cita yang tinggi dimana kepuasan dan kenyamanan tamu adalah prestasi tertinggi hotel. Layanan dan fasilitas terbaik yang
diberikan oleh hotel untuk
para tamu agar tamu
selalu merasakan suasana yang hangat, santai dan modern . Di
seluruh The
Ritz-Carlton Hotel Company memiliki motto yaitu "We are Ladies and Gentlemen serving Ladies and
Gentlemen." Moto
ini mencontohkan layanan antisipatif yang disediakan oleh semua staff hotel.
·
2017 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia –
Jakarta
·
2015 | ITTA Awards Hotel Terbaik Tahun Ini – Jakarta
·
2014 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia –
Jakarta
·
2010 | ITTA Awards Hotel Mewah Terkemuka Indonesia –
Jakarta
·
2010 | ITTA Awards Hotel Indonesia Tahun Ini
·
2008 - 2010 | Top 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - King
of Kitchen disajikan kepada Executive Chef Rudolph Blattler
·
2008 - 2010 | 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Service Excellent
·
2008 - 2010 | 10 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Hotel
Tahun 2008
·
2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Signature
Hotel Spa
·
2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Keamanan
Hotel Luar Biasa
·
2008 - 2010 | 5 HAPA Terbaik di Asia Tenggara - Signature
Luxury Hotel
·
2008 - 2010 | HAPA Indonesia - Hotel Mewah Tahun Ini di
Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical